https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENGARUH MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA KELAS XI DI SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO | Sangadah | OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi

PENGARUH MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA KELAS XI DI SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO

Siti Maftuhatus Sangadah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap minat berwirausaha. (2) Ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara prestasi belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa. (3) Ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi dan prestasi belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha secara bersama‐sama. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 283 siswa diambil sampel 155 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode analisis dokumen dan metode angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa motivasi belajar berada pada kategori cukup (56,13%), prestasi belajar kewirausahaan pada kategori tinggi (76,77%), minat berwirausaha berada pada kategori tinggi (50,32%). Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ; ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan minat berwirausaha sebesar 72,90% ; (r= 0,854;thitung = 20.204; sig < 0,05) ; ada pengaruh positif dan signifikan antara prestasi belajar dengan minat berwirausaha sebesar 79,30% (r= 0,891 ; thitung =24.138;sig < 0,05) ; ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi dan prestasi belajar kewirausahaan secara bersama‐sama terhadap minat berwirausaha sebesar 88,40% (Fhitung sebesar 578.716; sig < 0,05) ; sedangkan sisanya11,60%, dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.

Kata kunci : motivasi, prestasi, minat berwirausaha


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: